Ma, Bulannya Kok Ngikutin Terus?

Suka pusing deh, kalau nggak bisa menjawab pertanyaan anak? Habisnya pertanyaan mereka itu sukanya yang aneh-aneh dan kadang kita susah ngejelasinnya kalau pake bahasa ilmiah. (Maklum mamanya terobsesi banget jadi ilmuan…he..he..he). Jadi…sekarang, mau nggak mau kudu belajar menjelaskan pake bahasa anak-anak.

Pertanyaan Bulan hanya salah satu dari pertanyaan my sweety Boy. Dan mungkin juga pertanyaan dari anak-anak kita. Yah…masa anak-anak adalah masa saat mereka mengenal dunia. Mereka akan selalu penasaran dengan berbagai hal. Maka sudah seharusnya kita selalu melayani si kecil saat mereka sedang aktif bertanya. Takutnya kalau dimarahi atau kita nggak merespon, kita bisa mematikan sikap skeptis mereka.

Pada suatu malam ketika kami bertiga sedang naik motor, Fayad langsung bertanya “Ma, kok bulannya ngikutin terus?”

Saya tersentak karena tidak menyangka dia akan bertanya tentang itu. Langsung saja saya jawab “Oh iya yah…dari tadi ngikutin Fayad, mungkin karena bulan itu tempatnya tinggi ada di atas Fayad, jadi bisa ngeliatin Fayad terus.”

“Kenapa bulannya di atas Ma?” tanya Fayad lagi.

“Hmm…karena biar sinar bulannya bisa kemana-mana, kalau di bawah nanti yang di tempat jauh jadi nggak terang.”

“Oh..ya”

Alhamdulillah setelah saya jawab begitu Fayad langsung berhenti bertanya, pertanda kalau dia puas dengan jawaban itu.

Seperti tadi siang, dia heran melihat awan yang selalu ada di atasnya saat saya bonceng dia naik sepeda. Dan saya jawab sama dengan jawaban bulan tadi dan dia pun menerima.

Pada kesempatan yang berbeda, saya, Fayad dan Babanya lagi di rumah, tiba-tiba Fayad pengen BAB. Karena tergesa-gesa membuka celananya, saya tidak mendengar kalau dia bertanya sesuatu tentang aktifitas yang akan ia lakukan itu. Setelah Fayad di kamar mandi, lalu suami saya bilang “Tadi dengar nggak Fayad tanya apa?”

“Nggak dengar, memangnya dia tanya apa?”

“Tadi Fayad tanya, Ma, kenapa kalau ee ada pipisnya tapi kalau pipis nggak ada ee-nya”

“Mendengar pertanyaan itu saya tertawa sekaligus bingung, apa jawabannya ya, masalahnya dulu pelajaran Biologi di sekolah nggak diajarin deh”

Mungkin Fayad itu pengennya cuma BAB aja nggak usah ada pipisnya, tapi kok selalu saja kalau BAB itu ada pipisnya, sedangkan kalau dia pipis nggak ada ee-nya.

Untung saja Fayad belum menanyakan ini lagi karena saya juga belum tahu jawabannya.  (Kalau ada yang tahu jawabannya, tolong kirimi saya ya..)

Dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Kadang kesal juga kalau nanyanya nggak berhenti-henti. Kalau keadaan saya nggak bisa menjawab itu langsung, biasanya saya bilang “Ntar ya mama tanya dulu ke ahlinya,….hehehe…”

About Blognya Nita

Just ordinary women who concern about social life and love her family so much.

Posted on 15 June 2011, in tentang anak usia dini. Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. hihih lucu juga ya pertanyaannya..😀

  2. There are many muscles (both voluntary and involuntary) that are involved in helping one to both urinate and pass stool. These muscles have dual functions — holding urine and stool in, and passing urine and stool to the outside world. The muscles that help to hold in our stool are stronger and larger than the muscles that hold in our urine.

    The primary muscles that function to hold in stool are the internal and external anal sphincters. The internal sphincter is a completely involuntary organ, and as stool passes through this sphincter, the muscle slowly relaxes. The stool then contacts the external sphincter, which is a completely voluntary organ. At this point, we sense that there is an increased pressure in our rectum, and we likely feel the need to defecate. If a toilet or other commode is close by, we sit down and voluntarily relax our external anal sphincter, and the stool passes through. If, however, we would rather not have a bowel movement at that moment, we voluntarily tighten our external anal sphincter, and the stool is retained in the rectum.

    Control of urine is similar. The muscles are smaller, but the concept is the same. There is both an involuntary internal urethral sphincter and a voluntary external urethral sphincter. The internal urethral sphincter opens when pressures inside the urinary bladder are great enough; we can hold back the urine by tightening our external urethral sphincter, or we can urinate by relaxing this muscle.

    So why do we often urinate when we defecate, but not vice versa? The main reason is that the muscles of the pelvic floor play a role in defecation and urination.

    The pelvic floor muscles relax when we defecate. However, they will not necessarily have to fully relax when we urinate. But when the pelvic floor musculature does relax, in addition to allowing stool to pass, it decreases the tension in our urinary sphincters, allowing urine to flow. Because our anal sphincters are stronger than our urinary sphincters, it is easier for us to have control over our bowels than our urine.

    Of course, we all don’t have normal control over our bowels or bladder. There are many conditions that can adversely affect our bowel or bladder continence. Also, the control of urine and stool differ in men and women because the anatomy of the male and female pelvis are so different.

    so… whats the reason?

    Because the body is an efficient machine that knows when to do sh|t beneficial to the body without it’s input.

    klo buat anakmu y jawab aja biar plong😀

    if you find another question, google it !! that’s my suggestion

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: