Rintihan Pendosa Lebih Allah Sukai?

Ya, rintihan pendosa itu lebih Allah sukai daripada gemuruh suara tasbih. Kira-kira seperti itu yang disampaikan oleh Fakhr Ar-Rozy dalam tafsirnya. Jangan pernah iri sama malaikat, karena mereka tidak pernah berbuat dosa dan tidak punya nafsu. Justru karena kita manusia lah Allah meninggikan derajat kita di banding makhluk Allah yang lain.

Dan sebagai manusia, ada hal yang tidak bisa malaikat dapatkan kecuali jika mereka harus jadi manusia terlebih dahulu.

Manusia dalam bahasa Arab disebut “Insan”. Dan kata “Insan” satu akar kata dengan kata “Nasiya” yang artinya lupa. Jadi memang manusia diciptakan dengan sifatnya yang suka “Lupa”. Lupa akan perintah Allah, lupa akan larangan Allah,  memang itu begitulah manusia diciptakan. Tidak ada manusia yang tak luput dari lupa.

Tapi…

Karena sifat inilah manusia bisa memohon ampunan kepada Allah atas segala kehilafan dan lupanya.. Dan kesempatan inilah, yang tidak dimiliki oleh malaikat. Mereka tidak bisa memohon ampun karena mereka tidak pernah berbuat dosa, malaikat tidak pernah khilaf dan lupa sehingga mereka tak mampu meminta pengampunan dari Tuhannya.

Ada dua hal yang harus kita banggakan kepada malaikat, karena mereka tak bisa melakukannya, dua itu adalah bersedekah dan memohon ampunan.

Malaikat tak pernah berbuat dosa karena mereka tak bisa melakukan dosa, mereka tak memiliki nafsu sehingga mereka tak mungkin berbuat dosa. Malaikat yang seantiasa bertasbih kepada Allah dengan suara bergemuruh tetap tidak bisa menaklukkan keunggulan dzikir dan tasbih manusia. Malaikat juga tak bisa bersedekah karena mereka tidak butuh apa-apa. mereka tinggal di langit yang jauh berbeda dengan kehidupan dunia dengan segala kebutuhannya. Tidak ada malaikat yang butuh makanan, butuh uang, sehingga mereka tak perlu dikasihani dan diberi sedekah. Kalau tidak ada yang butuh sedekah, lalu buat apa bersedekah.

Gemuruh suara tasbih semua malaikat, tak bisa mengalahkan suara rintihan pendosa yang memohon ampunan atas segala dosa yang telah ia lakukan. Karena suara rintihan manusia yang menyesali perbuatan dosanya dan memohon ampunan kepada Tuhannya, lebih Allah sukai daripada gemuruh suara tasbih para malaikat di seluruh jagad alam.

Tunggu apa lagi……ayo kita memohon ampunnan-Nya…

AstaghfirullahalA’dzim…

About Blognya Nita

Just ordinary women who concern about social life and love her family so much.

Posted on 16 June 2011, in belajar islam and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: