Nemenin Si Amang di Jurug

Sabtu Minggu hari wajib full bareng keluarga. Saking wajibnya, sampai nggak punya waktu buat nge-blog. Yah..memang harus begitu sich, soalnya kapan lagi ngumpul-ngumpul fullday begini. Hari-hari biasa, aku dah ditinggal Baba kerja dan Fayad sekolah. Jadi family day banget deh, Sabtu Minggu.

Nah…sekarang tujuan weekend kami ke Taman Satwa di Jurug. Letaknya di perbatasan antara Surakarta dan Karanganyar, dan lokasinya sebelahan sama UNS. Di sana ada Taman Satwa yang nggak kalah sama Ragunan. Harga tiketnya kalau hari biasa Rp 6000,- buat dewasa, sedang anak-anak usia 2-4 tahun Cuma Rp 3000,-. Karena namanya Taman, memang kesan pertama kali masuk adalah sebuah taman yang luas banget. Sampai-sampai curiga, mana para satwanya yah. Ditambah lagi di deket pintu masuknya ada hewan-hewan yang di air keras. Wah..jangan-jangan kita Cuma nonton hewan beginian semua.

Tapi ternyata enggak. Beberapa meter kemudian, ada kandang gajah yang gede banget. Kirain ada berapa gajahnya, kok kandangnya gede-gede amat, eh ternyata cuma tiga. Kayanya itu keluarga kecil gajah deh, ada ayah, ibu dan anak gajah. Tidak seperti di Ragunan, jarak antara hewan yang satu dengan yang lainnya agak jauh, lumayan banget lah buat yang mau ngelangsingin badan kaya saya, tapi kasihan Fayad, karena kecapekkan jalan, akhirnya dia minta di gendong.

Setelah melihat gajah, lanjut melihat burung kakak tua. Kalau kita sih emang biasa-biasa aja, tapi buat si kecil Fayad, wah itu sesuatu hal yang menarik, apalagi saat itu sang kakak tua sedang nyuapi anaknya dengan kacang lewat mulut. Subhanallah, burung aja sayang banget yah sama anaknya. Kalau manusia tega membunuh anaknya, berarti dia lebih buruk dari hewan.

Nah…tontonan berikutnya adalah kuda nil atau hippo. Karena dia asyik berendam di air, Fayad bilang “Ma, kuda nilnya haus pengen minum”. Fayad tertarik sekali melihat binantang ini, sampai-sampai dia nggak mau beranjak dari situ. Karena ada suara auman harimau, akhirnya dia tertarik melihat hewan yang lain.

“Ada harimau Ma!”

“Oh..iya, kasihan ya Fay, harimaunya di kurung begitu sepanjang tahun”

Aku mencoba menjelaskan Fayad habitat hewan-hewan buas itu sebenarnya, dan Fayad pun mulai mengerti. Kemudian kami melihat unta, hewan yang paling sering kami lihat di Mesir, tapi selama di sana nggak pernah sama sekali menungganginya (kasiaan…deh ). Di sana kalau mau naik unta muter-muter kandangnya kudu bayar Rp 5000,-. Walah, muteri kandange to’ wae, akhirnya waktu ditawari mau naik jadi nggak semangat, habisnya kurang jauh sih rutenya. (bilang aja ngeri naiknya, pake alasan rute kurang jauh segala).

Nah, ke pemberhentian selanjutnya, ini dia yang bikin Fayad betaah banget di sana. Ada si Amang. Sejenis kera yang mengeluarkan bunyi yang sangat nyaring. Soalnya pas Fayad ke sana, si Amangnya carper sama Fayad. Dia ngeluarin bunyi yang bikin Fayad ngikutin bunyi dia.

“Tung..tung…tuuuung”

Terus Fayad teriakin “Woi”

Dibales lagi “Tung..tung..tungg…..tung….” dan seterusnya.

Alhasil Fayad jatuh cinta deh sama si Amang, dan lebih dari setengah jam dia duduk di samping kandang si Amang. Bener-bener nggak mau pulang. Tapi akhirnya hatinya luluh juga waktu kami  bilang mau beli meja kecil buat belajar Fayad. Oke….akhirnya dia langsung turun dan berlari menuju pintu keluar. Karena jaraknya cukup jauh, mungkin Fayad berpikir…mana sih pintunya kok nggak muncul-muncul, “Gendong Mah, pegel nih…” (weekend ini, capek gendong Fayad, pegel-pegel semua badanku).

About Blognya Nita

Just ordinary women who concern about social life and love her family so much.

Posted on 21 June 2011, in parenting, Seputar Solo and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: