Orkestrasi Kelas, Enaknya Gimana Ya?

Baru dua hari yang lalu Mr. Pam-pam our respectable School Principal menugaskan saya untuk menjadi walikelas VIII C alias kelas Aisyah di SMPII Al Abidin Surakarta. Sempat kaget, karena kapasitas saya di sana sebagai guru baru telah dipercaya menangani kelas delapan “Ce” yang semua muridnya cantik-cantik alias kelas delapan khusus puteri. Mungkin karen jam mengajar saya yang masih kurang, sehingga tugas itu menanti saya.

Agak gugup juga waktu pertama kali ketemu sama anak-anakku yang cantik-cantik itu. Tapi setelah kenalan dan bercengkrama dengan mereka akhrinya suasana pun dengan sendirinya mencair dan akrab. Selama dua hari ini aku dan anak-anakku diberi waktu untuk melakukan orkestrasi kelas. 34 anak yang ada di kelasku itu pun sigap mendelegasikan beberapa tugas untuk bekerjasama menghias kelas.

Tujuan utama dari orkestrasi kelas sebenarnya agar membuat anak lebih nyaman dan asyik dalam belajar. Saya memberi kebebasan seluas-luasnya pada mereka untuk membuat kelas mereka tampak lebih indah dan menggairahkan untuk belajar. Dan subhanallah..ternyata kreasi mereka juga oke-oke dan kreatif.

Sekolah kami memang berbasis IT, semua murid di sini tidak menggunakan buku tulis lagi untuk belajar, mereka semua berbekal netbook, dan memang diwajibkan. Dengan fasilitas hot spot di sekolah mereka dengan bebas browsing tentang segala hal yang mereka ingin ketahui. Tentu saja sekolah kami juga punya koridor dan batas-batas tertentu dalam menggunakan media internet ini. Sebelum masuk, pihak sekolah terlebih dahulu memprogram netbook mereka agar terhindar dari situs-situs yang tak layak untuk anak-anak sekolah.

Ketika mereka blank soal orkestrasi kelas, saya cuma perintah mereka untuk googling dengan tema kelas, orkestrasi kelas, ornamen kelas, dan hanya dengan sekali piji mereka sudah terbantu menemukan apa yang akan mereka kerjakan hari ini. Teknologi sungguh bersahabat jika digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Melihat anak-anakku begitu antusias dan semangat menghias kelas mereka ada rasa kepuasan dalam diri yang tak dapat dilukiskan. Semoga tahun ajaran baru ini bisa kami sambut dengan penuh semangat dengan menorehkan prestasi gemilang. Amin…keep spirit Aisyah!

About Blognya Nita

Just ordinary women who concern about social life and love her family so much.

Posted on 12 July 2011, in pendidikan and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: