Ada Harapan di SANLAT Ramadan

Udara dingin masih menyelimuti Wisma Haji Donohudan pagi itu, tapi sejumlah anak yang sudah disibukkan dengan barang bawaannya, sedikit membuat suasana semakin hangat. Ya Jumat 12 Agustus 2011 itu anak-anakku bersemangat menyambut penyelenggaraan Pesantren Kilat Ramadan dan Field Trip Al Quran yang sekolah siapkan untuk mereka.

Tema akhak kiranya masih sangat layak untuk diangkat menjadi tema utama SANLAT mengingat akhlak adalah tugas utama Rasulullah diutus ke dunia ini. Sebagaimana cita-cita Rasulullah, kami selaku tim guru di Sekolah, juga sangat mengidamkan tertanamnya pendidikan karakter dalam jiwa anak-anak kami. Sulit, mungkin itu yang sekarang menjadi penghalang terbesar, karena tentunya ratusan anak-anak itu memiliki keunikannya masing-masing. Namun, celoteh anak yang tidak mereka sengaja terkadang sering menggelitik benak kami, para guru.

Yah…anak-anak dengan segala bakat yang ada dalam dirinya menjadi hiburan tersendiri bagi kami. Maka dua hari kemarin mulai tanggal 12-13 Agustus 2011di Wisma Haji “Armina” Donohudah, Ngemplak Boyolali,  kami berusaha mengerahkan segala kemampuan untuk bisa mewujudkan sedikit demi sedikit cita-cita kami.

Usai merapikan barang bawaan di kamar. acara pun dibuka dan satu persatu materi-materi itu pun dituangkan ke dalam sanubari anak. Memang kapasitas sanubari anak dalam menerima materi berbeda-beda tapi setidaknya kami sudah berusaha menuangkan. Alangkah bangga dan bahagianya kami, saya khususnya sebagai guru Al Quran yang punya gawe dalam Field Trip kali ini. Saat Musabaqoh Hifdzil Quran berlangsung, dengan sangat cekatan anak-anakku menjawab semua pertanyaan seputar ayat dan surat di dalam juz 30.

 

Ketika kami hidangkan pertanyaan seputar lanjutan ayat, mereka menghabiskannya dengan cepat, baik dan benar. Begitu hidangan kedua yang berupa tebak surat, mereka pun melalapnya dengan cepat dan tepat, saat hidangan penutup berupa tebak ayat di dalam surat tertentu di juz 30 mereka pun menyelesaikannya dengan sangat berselera.

Subhanallah…amazing…powerfull…AllahuAkbar!

Ternyata semua anak-anakku BISA!

Acara pun berlanjut dengan Game Al Quran…….

Menyusun puzzle Quran, melanjutkan ayat, dan membedah tajwid dalam suatu ayat pun terbabat habis dan terselesaikan lebih cepat dari target yang kami prediksikan. Alhamdulillah…segala puji bagi Allah..yang telah melapangkan pikiran anak-anak kami dalam belajar Al Quran.

Buka puasa pun tiba….ngabuburit sambil memegang takjil juz jambu dan kurma pun akhirnya habis setelah terdengar kumandang Azan dari Masjid. Acara yang saya isi dengan pemutaran video tentang Ramadan dari negeri seberang terlaksana dengan cukup baik.

Sholat Maghrib berjamaah dan makan besar pun selesai, seusai beristirahat beberapa menit semua anak sudah siap melaksanakan solat isya dan tarawih berjamaah. Wisma pun sunyi karena semua anak khusuk menjalankan ibadahnya di Masjid untuk putra dan Aula untuk puteri. Suara derap langkah dan canda tawa anak-anak mengiringi langkah mereka memasuki kamar, tanda bahwa sholat tarawih telah rampung, mereka pun bersiap menyantap hidangan dari pemateri kedua dari Bapak Ir. Suseno yang berjudul the Power of Dream……terdengar suara lagu “I Have a Dream” nya Westlife dari Aula dinyanyikan oleh semua anak dengan penuh semangat, tanda bahwa mereka masih tetap semangat dan siap.

Acara selesai, dan semua anak menuju kamar tidurnya masing-masing. Sebelum tidur, sejenak mereka memurojaah hafalan surat-surat pendek mereka utnuk pengantar tidur mereka agar selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Waktu sahur pun tiba, menu lele dan oseng tahu pun menanti. Segelas teh hangat dan pisang sebagai pencuci mulut kiranya cukup untuk bekal mereka menyongsong puasa hari itu.sambil menunggu Azan Subuh mereka bertilawah bersama, sungguh suasana yang damai. Sholat Subuh berjamaah pun terlaksana, dan mentoring pun telah berakhir pukul 06.00 WIB. Sempat kaget karena tidak ada suara riuh di dalam Wisma, setelah ditelisik ternyata mereka tengah asyik menyerbu lapangan tenis untuk sekedar menggerakkan otot-otot tubuh mereka dengan raket dan bola tenis. Pemandangan yang menyenangkan, wajah-wajah bahagia mereka tampak sangat bercahaya di tengah lapangan tenis.

Penghujung acara pun tiba, pengumuman pemenang lomba dan pembagian door prize kiranya telah menghidupkan suasana dengan gemuruh suara tepuk tangan dan teriakan-teriakan bangga pada para juara. Acara pun ditutup dengan pembagian hadiah oleh Mister Pam-Pam selaku Headmaster dan Miss Yull selaku wakilnya. Dan ucapan Alhamdulillah serentak menutup acara SANLAT kami tahun ini. Semoga capaian yang kami cita-citakan dapat tertanam dalam diri anak. Dan semoga tahun depan bisa lebih baik lagi…amin.

About Blognya Nita

Just ordinary women who concern about social life and love her family so much.

Posted on 14 August 2011, in pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. subhanallah…semangat trs ustadzah.!

  2. kapan terulang kebersamaan seperti itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: