Anakku Juara

Tujuh belas Agustus tahun 45

Itulah hari kemerdekaan kita……

Gegap gempita suasana peringatan HUT Kemerdekaan RI di kompleks perumahan tempat tinggalku dimeriahkan olehceloteh ria anak-anak kecil, termasuk juga anakku. Malam tirakatan yang digelar oleh warga perumahan Griya Surya Permata Mayang Gatak pada malam tangal 17 Agustus 1945 berlangsung dengan khidmat dan ceria. Dimulai dengan pembukaan dari MC lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama serta dilanjutkan dengan berbagai acara yang spektakuler.

Ya…saya katakan spektakuler karena meskipun diselenggarakan dengan cara yang sederhana namun acara tersebut telah mengikat rasa kekeluargaan diantara penghuni perumahan kami. Perlombaan-perlombaan dalam rangka 17-an telah diadakan sehari sebelum bulan Ramadan tiba, sehingga para warga dan anak-anak sangat semangat berpartisipasi.

Untuk anak-anak diadakan lomba kelereng, membawa bola berpasangan, memasukkan bendera ke dalam botol dan lomba menggiring bola dengan terong. Semua anak yang ada di Griya Surya Permata sangatlah antusias,dari mulai yang masih balita sampai yan sudah SMP.

Untuk lomba balita, anakku memenangkan juara lomba memasukkan bendera ke dalam botol. Dengan penuh semangat jagoanku berlari menuju botol tempat tujuan benderanya diletakkan. Lucu sekali….karena baru kali ini anakku mengikuti lomba seperti ini, seru sekali!

 

 

 

Ketika anakku mengikuti lomba balap kelereng, dia sama sekali nggak bisa menjaga keseimbangan si kelereng yang diletakkan di atas sendok, karena kesulitan membawa dengan mulut akhirnya dengan ide kreatifnya dia membawa si sendok berkelereng itu dengan tangannya dan berlari sekencang-kencangnya……wah..wah..wah…..memang cepat sih…tapi jadinya nggak menang deh…!

Kalah dan menang bagiku sama saja….yang penting semua anak happy dan sangat bergembira. Canda tawa, teriak, dan guyon membahana di tempat itu. Sungguh peringatan yang membahagiakan. Semua anak tertawa dan bahagia, rasanya terharu sekali melihat wajah-wajah ceria mereka dalam memperingati HUT RI ke-66 ini.

Untuk bapak-bapak, malam harinya diadakan lomba futsal, kali ini suamiku yang berhasil merebut gelar juara bersama timnya. Sebenarnya pas malam mau nonton itu niatnya ya Cuma nonton, tapi apa daya ternyata timnya ada yang kekurangan pemain, akhirnya suamiku ikut merumput di lapangan futsal fasuk Griya Surya Permata.

Para pemenang lomba diumumkan saat malam tirakatan, anakku dengan sigap menuju panggung penghormatan saat namanya disebut sebagai juara lomba memasukkan bendera ke dalam botol. Melihat ekspresi wajahnya yang bahagia dan bangga, aku jadi terharu. Dia pun senag sekali mendapatkan hadiah, sampai sekarang hadiahnya dia simpan dan pergunakan untuk belajar “Ini buku hadiah ya Ma!” katanya bangga.

Semua warga bergembira. Di sana ada makanan dan minuman. Setelah pengumuman pemenang lomba dikumandangkan, tiba saat saksi perjuangan kemerdekaan bercerita tentang masa-masa perjuangan yang dialaminya. Sungguh terharu mendengar perjuangan saat itu. Beliau di usia yang masih belia sekitar 15 tahun, sudah menopang senjata demi kemerdekaan bangsanya. Seubhanallah…semoga generasi bangsa ini bisa memiliki jiwa patriotisme yang dimiliki para pahlawan kita.

Setelah mendengar cerita perang kemerdekaan, tiba pengumuman Griya Surya Permata Award. Ada penghuni yag paling baik, ada penghuni yang paling rajin ronda, ada ibu yang paling ramah, ada pengontrak terbaik, dan sebagainya. Semua gembira, ditambah lagi ada doorprize yang diberikan oleh panitia.

Sambil bagi-bagi doorprize panitia langsung menghidangkan snack dan minuman, setelah itu nasi liwet pincuk pun diedarkan..hmmmm nyummy banget deh, habis gitu boleh take a way lagi, tambah nikmat deh peringatan HUT RI ke-66 kali ini.

About Blognya Nita

Just ordinary women who concern about social life and love her family so much.

Posted on 23 August 2011, in parenting, Seputar Solo, tentang anak usia dini and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: