Tadarling Aisyah Class di Ngemplak Boyolali

Sabtu, 12 Nopember 2011 adalah hari yang ditunggu-tunggu bagi siswi-siswi Aisyah. Karena siang itu adalah saatnya mereka ramai-ramai menuju rumah salah satu teman kelas untuk melaksanakan Tadarling alias tadarrus keliling.

Perjalanan kami nggak jauh kok, hanya sekitar 10 menit. Mayoritas mereka diantar oleh orang tua masing-masing dan sebagian lagi ada yang menggunakan sepeda dan naik mobil sekolah. Sebagian anak boarding memutuskan untuk menggunakan sepeda menuju tempat tujuan, alasan mereka sich katanya lagi nggak punya uang buat urunan bayar uang bensin dan sopir mobil pinjaman dari sekolah. Karena untuk  transportasi siswi boarding, kelas Aisyah tidak menggunakan uang kas untuk meng-covernya, jadi harus bayar sendiri-sendiri. Mungkin kedepannya perihal transport tadarling siswi boarding ini harus dibicarakan dengan POMG kelas Aisyah.

Kalau untuk tadarling level tujuh dulu, transportasi boarding dibiayai sekolah, tapi saat wali kelas Aisyah bertanya pada Waka kesiswaan untuk transport level 8 sekarang, kata beliau anak boarding ditariki iuran saja. Akhirnya setelah di floor kan ke anak-anak boarding, hasilnya malah di hari H mereka memilih menggunakan sepeda onthel menuju Ngemplak, Boyolali, sekitar 10 menit perjalanan dari sekolah kami. Dan keputusan mereka itu tanpa diketahui terlebih dahulu oleh wali kelas…..fiuhhh….

Makanya saat mobil putih sekolah kami datang, wali kelas terkejut, kok Cuma sedikit sekali yang naik mobil, hanya ada 3 siswi boarding dan 4 siswi fullday. wali kelas mengikuti mobil dari belakang dengan motor.

Waduh ke depannya kalau tadarling ke tempat yang rada jauh lagi  mending dimobilisasi massal aja deh, biar nggak mencar-mencar. Apalagi ada satu peristiwa yang bikin perasaan kami semua agak cemas, yaitu ada satu anak Aisyah yang tak kunjung tiba di tempat tujuan, padahal jarak rumahnya dengan tempat yang kami tuju tidak terlalu jauh. Saat jamaah solat dzuhur, kami semua masih cemas, sampai tiba saat tadarrus dimulai. Sebelum mengaji  dimulai, kami berdoa bersama-sama agar teman kami yang imut ini selamat sampai di tujuan. Kontan saja saat ngaji sedang berlangsung, tiba-tiba salah satu siswi Aisyah yang melihat langsung berteriak memanggil nama sang teman yang tak kunjung datang itu. Suasana langsung riuh saat mendapati teman mereka akhirnya sampai di tujuan dengan selamat. Ternyata teman kami ini sudah berkali-kali lewat jalan itu, tapi melihat rumah yang kami tempati untuk tadarling itu sepi “Aku berkali-kali lewat sini tapi kok tempate kayanya sepi banget” begitulah kira-kira pernyataannya. Maasyaa Alllah….saking cemasnya, wali kelas dua kali nelpon ke orang tuanya mengabarkan kalau anaknya belum sampai juga ke tempat tujuan, sampai akhirnya sang ibu menyusul ke Ngemplak. Dan saat ibunya tiba sang anak juga sudah sampai.

Alhamdulillaalih lengkap sudah siswi kelas kami dan akhirnya tadarrus pun dimulai. Kami membaca surat Al Mulk dan surat Al Qolam. Wali kelas memilih surat ini mengingat ayat-ayatnya yang pendek, sehingga memudahkan bagi siswi yang belum lancer benar dalam membaca Al quran. Setiap anak membaca dua ayat dan selanjutnya satu ayat-satu ayat. Alhamdulillah akhirnya tadarrus bersama pun berjalan dengan lancar. Kemudian acara berlanjut dengan tausiyah yang dibawakan oleh ananda Marita dengan tema “Media”. Usai tausiyah, kami melanjutkan untuk membahas isi tausiyah dengan cara nge-Game. Anak yang kena harus menjawab pertanyaan dari ustazah seputar isi tausiyah yang dibawakan tadi. Alhamdulillah ya….semua bisa menjawab pertanyaannya dengan baik.

Dan tibalah saat-saat yang membahagiakan yaitu “Makan”….hehehe…

Tuan rumah yang baik hati telah menyiapkan sajian yang menggugah selera. Hmm…nyam..nyam….ayam goreng dengan nasi gurih yang nikmat dengan lalapan dan sambalnya ditemani dengan kudapan manis asin dan es teh manis serta sajian pencuci mulut dengan rambutan dan semangka yang segar, Alhamdulillah ya…..sesuatu……yang patut disyukuri…..!

Dan akhirnya waktu untuk berpisah pun tiba. Acara ditutup sekitar pukul 13.30 WIB dan sebelum pulang kami berfoto ria dulu di depan rumah sambil action dengan berbagai gaya.

Alhamdulillah terlaksana juga tadarling bulanan di kelas Aisyah, semoga bulan depan juga berjalan dengan lancar. Amin….

Wallahu A’lam bishowab…

About Blognya Nita

Just ordinary women who concern about social life and love her family so much.

Posted on 24 November 2011, in pendidikan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: