Serunya Njajal Esemka

asyiknya njajal duduk di mobil esemka (dok. yunisura.wordpress.com)

Meski  mobil Esemka dikabarkan gagal Uji emisi, tapi aku tetap optimis kalau mobil ini suatu saat akan menjadi mobil yang menjadi kebanggaan bangsa ini. Kegagalan yang dialami mobil Esemka saat uji emisi pastinya akan menjadi pelajaran berharga bagi SMK  anak-anak  para pembuat mobil dan akan menjadi pengalaman dalam pembuatan-pembuatan mobil yang lainnya.

Ngomong-ngomong tentang Esemka, yang jelas aku sudah pernah njajal duduk di kursi empuknya pas mobil itu dipajang di halaman depan rumah dinas Pak Walikota Solo. Yah…Pak Walikota yang akrab dipanggil Jokowi ini memang walikota yang low profile, gampang banget kalau mau ketemu beliau saat hari Minggu, tepatnya saat Car Free Day di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo. Kedua mobil buatan SMK 2 Surakarta dan SMK Warga Solo ini selalu dipajang setiap Minggu Pagi di depan rumah pak Jokowi agar masyarakat bisa member komentar, kritik dan sarannya buat kedua mobil itu.

Mobil yang gagah itu tampak sangat menawan. Design interiornya juga oke dan luas, sangat cocok menjadi mobil keluarga Indonesia. Suatu saat aku juga pengen beli mobil yang keren seperti itu. Semoga saja mobil ciptaan anak-anak bangsa ini dapat menjadi mobil primadona di negerinya sendiri mengalahkan mobil-mobil merek luar negeri.

Saat menyaksikan acara eight eleven MetroTV, kebetulan host nya membahas seputar kegagalan uji emisi mobil Esemka, saat itu Pak Jokowi dan Pak Roy Suryo dijadikan narasumber. Hanya dua hal yang membuat mobil ini tidak lolos uji emisi, yaitu pada lampu dan bahan bakar. Aku nggak paham masalah mobil, tapi satu yang pasti, yaitu sudah sangat merindukan ada mobil ciptaan dalam negeri yang berkualitas yang bisa bersaing dengan mobil-mobil brand luar negeri yang sudah lama bertengger di hati konsumen mobil Indonesia.

Kapan saatnya ya? Yang jelas sampai saat ini sudah ada banyak mobil karya anak negeri ini, tapi selalu saja tak bisa menguasai pasar mobil Indonesia karena kalah saing dengan mobil merek luar negeri.  Lelah rasanya menanti dan mungkin saat mobil esemka ini muncul di perbincangan nasional, rasanya ingin sekali mengakhiri masa penantian panjang untuk memiliki mobil ciptaan anak bangsa yang tidak hanya berkualitas tapi juga digandrungi masyarakat banyak karena designnya yang oke.

 

Semoga saja mobil esemka bisa bersaing di pasar mobil nasional sehingga impian punya mobil  made in Indonesia yang best seller dan berkualitas bisa tercapai. Maju terus esemka, taklukkan uji emisi yang masih menantang di depan, semoga izin kelayakan dan keamanan bisa berkendara bisa kau dapatkan.

About Blognya Nita

Just ordinary women who concern about social life and love her family so much.

Posted on 14 March 2012, in opini, Seputar Solo and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: