Kereta Api Uap Solo JALADARA

di samping kereta uap jaladara. (dok. yunisura)

di samping kereta uap jaladara. (dok. yunisura)


Rencananya nunggu kereta Madiun Jaya menuju Jogja di stasiun Purwosari Solo. Tapi ternyata ada yang menarik pandangan kami, selama menuggu kereta. Kami melihat ada kereta api uap wisata Solo JALADARA. Selama ini kami sih cuma dengar lewat berita tentang kereta uap wisata itu. Akhirnya kami bisa juga jeprat jepret narsis di sebelahnya…hehehehe.
di depan lokomotif kereta uap wisata Solo Jaladara

di depan lokomotif kereta uap wisata Solo Jaladara


Jaladara adalah kereta api wisata di kota Solo. Kereta ini dijalankan dengan lokomotif uap C1218, dan beroperasi di jalur kereta api Stasiun Purwosari hingga Stasiun Solo Kota sepanjang enam kilometer. Jalan rel itu tepat bersisian dengan Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalan utama di tengah Kota Solo. Kereta api ini dioperasikan berkat kerjasama antara PT Kereta Api dan Pemerintah Kota Surakarta.
Ternyata naik kereta uap ini nggak murah loh. Kita harus merogoh kocek sekitar Rp 150 ribu per orang. Kenapa mahal? Karena untuk bisa menjalankan lokomotifnya, Jaladara menggunakan kayu jati. Kebayang kan kenapa mahal.
Kereta wisata ini memulai perjalanannya dari Stasiun Purwosari, lalu akan berhenti di beberapa tempat seperti di Diamond Convention Center, Solo Grand Mall, Rumah Dinas Walikota Solo Lodji Gandrung, House of Danar Hadi, Museum Radya Pustaka, Sriwedari perempatan Ngarsopura, Kampung seniman Kemlayan, Kampung Batik Kauman, Beteng Trade Center/ Galabo, lalu Stasiun Kota.
Jumlah yang bisa diangkut oleh kereta ini hanya 72 orang. Karena mahalnya biaya operasi kereta ini, maka kereta tidak akan berangkat jika jumlah penumpang belum mencapai 60 orang. Tapi kalau ada yang mau carter juga boleh. Tapi harganya ya tinggal dikalikan saja tarif orang dengan jumlah orang sekali jalan.
Gimana ada yang berminat? Untuk info lebih lanjut hubungi saja dinas perhubungan kota Surakarta ya.

About Blognya Nita

Just ordinary women who concern about social life and love her family so much.

Posted on 10 October 2013, in jalan-jalan, Seputar Solo and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: