Pesta Robo Robo Mempawah 2014

rombongan Robo Robo Mempawah 2014 (dok. yunisura)

rombongan Robo Robo Mempawah 2014 (dok. yunisura)

Hari pertama di tahun 2014 ini kami sekeluarga bergabung bersama ribuan masyarakat di Kalimantan Barat untuk menikmati pesta adat budaya Mempawah Robo Robo. Kami menyambut Raja di dermaga Mempawah yang datang bersama rombongannya menggunakan perahu.

Raja membagikan bekalnya kepada masyarakat Mempawah di Robo Robo 2014 (dok. yunisura)

Raja membagikan bekalnya kepada masyarakat Mempawah di Robo Robo 2014 (dok. yunisura)

Acara ini diadakan setiap tahun. Kebetulan tahun ini bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2014. Banyak sekali masyarakat yang menghabiskan waktu mereka melihat-lihat keramaian di kota bestari ini. Acara yang kali ini digelar di pelabuhan dermaga Mempawah banyak diikuti oleh ratusan pedagang. Dari pedagang makanan, pakaian, dan mainan.
Acara ini seperti pasar rakyat. Namun ada sejarah yang melatarbelakangi diselenggarakannya pesta adat ini. Robo Robo adalah sebuah acara adat untuk mengenang kedatangan Opu Daeng Menambon yang untuk pertama kalinya tiba di bumi Mempawah.

Sekitar tahun 1737 Masehi atau 1148 H, rombongan Opu Daeng Menambon dan isterinya Puteri Kesumba tiba di Mempawah yang bermaksud menerima kekuasaan dari panembahan Senggaok yang merupakan keturunan Raja Patih Gumantar dari Kerajaan Bangkule Rajank Mempawah. Opu berlayar dari Kerajaan Sukadana (Ketapang) diiringi 40 sekitar perahu. Saat masuk di Muara Mempawah, rombongan disambut dengan gembira oleh rakyat Mempawah. Bahkan beberapa ada yang menyambut Opu dengan menggunakan perahu di perairan. Penduduk di sekitar muara juga memasang kain warna warni untuk menyambut Opu Daeng Menambon beserta rombongannya. Melihat kegembiraan dan sambutan yang meriah dari rakyat Mempawah, Opu kemudian membagikan sebagian bekalnya kepada rakyat. Itulah mengapa tadi kami juga kebagian ketupat dari raja saat beliau turun dari kapalnya. Tapi dapetnya Cuma satu, terus langsung dilahap Fayad. Nggak kebagian deh mama papanya. Setelah berlabuh, raja membaca doa keselamatan bagi seluruh rakyat Mempawah.

di dalam kapal TNI AL yang membawa Raja di Robo Robo Mempawah 2014 (dok. yunisura)

di dalam kapal TNI AL yang membawa Raja di Robo Robo Mempawah 2014 (dok. yunisura)

di atas kapal TNI AL Robo Robo Mempawah 2014 (dok.yunisura)

di atas kapal TNI AL Robo Robo Mempawah 2014 (dok.yunisura)

Begitulah prosesi Robo Robo yang selalu diadakan setiap tahunnya. Bedanya sekarang Raja pakai kapal milik TNI AL. Setelah Raja turun dari kapal dan membagikan ketupat kepada masyarakat, kami sekeluarga tertarik untuk mendekati kapalnya. Hehehe…maklum lah belum pernah lihat kapal TNI AL, akhirnya ya narsis dulu lah di kapalnya. Kebetulan Bapak TNI juga baik, kami boleh masuk di kapalnya dan duduk di kemudinya. Fayad seneng banget di sana. Pas diajak turun malah protes “Kok sebentar banget Ma!” mulai deh gayanya….haduuh capek deh.

duduk duduk di dermaga Kuala Mempawah (dok. yunisura)

duduk duduk di dermaga Kuala Mempawah (dok. yunisura)

Habis foto-foto kami duduk di dermaga sambil lihat muara sambil nemani Fayad melahap ketupat ketan yang tadi dapet dari Raja.
Begitulah cerita tahun baru kami. Selesai dari acara Fayad kelaperan dan minta makan sate. Untunglah ada tukang sate yang standby di deket terminal Mempawah. Setelah beli 20 tusuk, kami pun pulang dan bobo siang.

About Blognya Nita

Just ordinary women who concern about social life and love her family so much.

Posted on 1 January 2014, in jalan-jalan, peristiwa, seputar Mempawah and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: