Pesona Lemukutan Bikin Ketagihan

Main pelampung di Teluk Cina Lemukutan (dok.yunisura)

Akhir tahun 2017, kami ke Lemukutan lagi. Keindahan pulau kecil nan eksotis di sebelah barat Kalimantan ini, bikin kami ketagihan. Alhamdulillah keadaan laut yang tadinya kami kira tak bersahabat, ternyata aman.

Dalam perjalanan menuju Pulau Lemukutan. (Dok.yunisura)

Di akhir bulan Desember memang lebih banyak gelombang. Tapi alhamdulilah perjalanan lancar dan selamat. Sepanjang perjalanan disuguhi hamparan laut nan biru. Begitu indah.

Salah satu villa dibatas air di Teluk Cina Lemukutan (dok.yunisura)

Liburan di Lemukutan kali ini, kami habiskan di Teluk Cina dan Tanjung Porok. Saat perahu kami berlabuh di dermaga kayu pelabuhan teluk cina, laut biru nan elok menyambut kami. Semilir angin lembut, seolah menari-nari menghaturkan salam selamat datang.

Hari itu, kami menginap di villa  tanjung batu putih. Ada 18 kamar di sini. Setiap kamar punya teras. Harganya bervariasi. Yang paling murah harganya 250, dengan kamar mandi di luar. Yang kamarnya cukup luas dan kamar mandi di dalam, harganya 400 ribu. Makanan yang disuguhkan di villa ini enak banget. Per porsi makan hanya 20 ribu. Itu lauk dan sayurnya sudah mantap banget. Ada sambal cencalok belimbing wuluh mak nyus yang bikin kangen.

Menikmati sunrise di Lemukutan Kalbar (dok.yunisura)

Villa di tanjung porok ini, pantainya berbalut batuan koral yang sudah mati. Banyak pepohonan rindang termasuk pohon pala. Pantai yang biasanya panas, di sini terasa sejuk dan adem. Bisa pasang hamock di tepi pantai nan rindang.

villa tanjung batu putih di tanjung porok teluk cina Lemukutan (dok.yunisura)

Di pulau Lemukutan, listrik hanya ada mulai jam 5 sore sampai jam 6 pagi. Kalau siang, pulau ini nggak ada listrik. Jadi kalau mau foto-foto harus pastikan bahwa hp sudah full. 

Air laut yang jernih di Lemukutan Kalbar (dok.yunisura)

Sampai di pulau, pengennya langsung main air. Pantai di sini landai. Hati2 banyak karang ya. 

Balita juga menikmati berenang di pantai Lemukutan (dok.yunisura)

Buat kalian yang pengen tahu berapa ongkos yang harus disiapkan. Ini saya kasih gambarannya.

Tiket kapal pp Rp. 50.000,-
Penginapan Rp. 250.000,- (cukup buat 6 orang hehehe, kamar mandi di luar kamar)

Makan  (min. 3x) Rp 60.000,-

Sewa snorkling Rp. 20.000

Kalau main di laut jangan ganggu ikan-ikan atau makhluk hidup di sini ya. Kasihan kan kalo tempat hidup mereka rusak karena ulah wisatawan yang penasaran. Jaga juga kebersihan di pulau ini. Jangan asal buang sampah.

Di depan villa tanjung batu putih teluk cina Lemukutan (dok.yunisura)

Cuma beberapa meter dari bibir pantai udah bisa renang sama ikan-ikan cantik di karang. Kamu bisa ketemu ikan badut di rumah anemonnya. Ikan dori. Ikan belang hitam putih. Kerang kima yang unik, dan masih banyak lagi.

Kalau pengen sewa perahu ban juga bisa. Sewanya 50 ribu seharian. Saking jernihnya, ikan-ikan dan terumbu karang tampak dari atas air. Subhanallah. Kalau pakai alat snorkling lebih cantik lagi lihat di dalam.

Pokoknya, yang sudah pernah menikmati keindahan Lemukutan, pasti pengen balik lagi deh. Kita harus bangga dengan pariwisata dalam negeri kita yang kaya dengan nilai-nilainya. Maka dimana pun kita menjelajah di negeri tercinta ini, jangan lupa untuk selalu menghormati adat istiadat dan budaya yang dijunjung tinggi oleh penduduk setempat. Selamat berpetualang.

Advertisements

About Blognya Nita

Just ordinary women who concern about social life and love her family so much.

Posted on 10 January 2018, in jalan-jalan, seputar Mempawah, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: